140 UMKM Naik Kelas Lewat Kolaborasi LPER, Startup Campus & Bank Indonesia

Sebanyak 140 UMKM hadir memadati Mula, Mall Citos di Jakarta guna mengikuti workshop Akselerasi UMKM Go Digital yang diselenggarakan oleh LPER (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat), Startup Campus dan Bank Indonesia (BI) dengan tujuan mempercepat digitalisasi UMKM, sejalan dengan target nasional untuk mengajak 30 juta UMKM Go Digital.

Prof. Dr. Francisca Sestri selaku Sekjen LPER dan sekaligus Rektor Unipi Tangerang, dalam sambutan pembuka menegaskan pentingnya digitalisasi UMKM, “UMKM menyumbang lebih dari 61% PDB dan menciptakan 97% lapangan kerja di Indonesia. Namun transformasi digital masih menjadi tantangan besar.”

“Maka melalui program ini, kami ingin membantu UMKM tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang di era digital. Hal ini selaras dengan Asta Cita Presiden dan Wakil Presiden, yaitu Keamanan, Pemerataan Pendapatan, Kesejahteraan, dan Pengentasan Kemiskinan.” ungkapnya.

Mendukung hal tersebut, Akmaluddin Suangkupon, Asisten Direktur Bank Indonesia, mengungkapkan tantangan yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM, yakni ketidakseimbangan informasi antara UMKM dan lembaga keuangan.

“Kendala utama UMKM dalam mengakses pembiayaan adalah informasi yang tidak simetris. Dengan pencatatan keuangan yang baik dan transparan, masalah ini bisa diminimalisir. Bank Indonesia terus berupaya meningkatkan akses pembiayaan UMKM, salah satunya dengan menyediakan aplikasi digital seperti SIAPIK, serta menyediakan database profil UMKM yang berpotensi dibiayai dan melaksanakan program Business Matching untuk mempermudah UMKM dalam mendapatkan pembiayaan yang dibutuhkan,” jelas Akmaluddin.

Maryati, CEO Startup Campus, menambahkan bahwa keberhasilan UMKM tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk, tetapi juga mindset yang tepat. “UMKM perlu melakukan positioning bisnis yang jelas, memahami target pasar, mengidentifikasi keunggulan produk, dan memanfaatkan digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan daya saing,” ungkapnya.

Maryati juga mengungkapkan antusiasme para peserta. “Acara ini seharusnya dapat diikuti 400 UMKM. Namun, karena keterbatasan kapasitas, jumlah peserta akhirnya dibatasi menjadi 140 UMKM terpilih.”

Tak hanya membahas pentingnya UMKM Go Digital, para peserta pun diberikan workshop untuk praktik langsung bagaimana menyiapkan konten digital marketing yang baik dan mengikuti perkembangan zaman.

Diawali dengan pemaparan bagaimana mencari “positioning” setiap usaha, hingga membuat konten di sosial media. Workshop ini amat menarik bagi para pelaku UMKM, karena mereka bisa langsung latihan dan menerapkan langsung di akun media sosial miliknya.

Spices to Stories: Will Meyrick Discovers the Heart of Kolkata

Menjelajahi Kekayaan Rasa dan Tradisi Street Food di KolkataChef ternama dan pelopor kuliner Will...

Pertemuan dan Acara yang Berkelas di The Langham Jakarta

Suasana elegan berpadu dengan fasilitas modern untuk momen-momen penting, sebuah standar baru penuh keunggulanJakarta...

Realme Resmi Menunjuk Jess No Limit Menjadi Realme Gaming Ambassador

Sebagai Bagian dari Visi Gaming 2025 untuk Membangun Ekosistem Gaming GlobalKolaborasi dengan Jess No...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here